CATAT METER

Online Catat Meter

Inovator Hardware & Software Catat Meter No 1 Indonesia, untuk perusahaan-perusahaan PLN, PDAM, GAS, Telecomucation, Pergudangan di ASIA, AFRIKA dan Amerika Selatan.

Catat-Meter.jpg

Catat Meter

Catat Meter

Mesin MCM G4

PROFILE CATAT METER EXOPOINT
PENDAHULUAN
Kegiatan Catat Meter Stand Meter PLN (disingkat Cater PLN) bagi PLN sebagai penerbit tagihan rekening (biller) menjadi amat penting dari suatu rangkaian proses penghimpunan data pemakaian lisrik dari pelanggan sampai berbentuk rekening tagihan listrik. Hal ini disebabkan karena sebagian besar (41 juta dari 43 juta) pelanggan PLN masih menggunakan pola “pascabayar”.
Demikian pentingnya kegiatan Cater PLN, pihak PLN telah mengembangkan berbagai system dan teknologi untuk melakukan kegiatan ini. Dari semula menggunakan system manual (dicatat dalam suatu form khusus), kini telah berkembang melalui pembacaan scanning barcode yang ditempel pada kWh Meter pelanggan. Pembacaan barcode adalah sebagai upaya untuk melakukan validasi dari sisi pelanggan, sehingga ada keharusan bagi para petugas Cater PLN untuk mendatangi pelanggan. Alat yang digunakan untuk membaca barcode adalah PDT (Portable Data Terminal) yang dibawa petugas Cater PLN, dengan cara terlebih dahulu men-scanning barcode yang tertera di meter pelanggan sebelum petugas Cater PLN memasukkan posisi terakhir angka KWh atau stand meter ke perangkat PDT.
Implementasi system Catat Meter PLN dengan menggunakan PDT saat ini sebenarnya termasuk yang paling canggih dan handal, terutama dilihat dari validitas data pelanggan. Sayang system ini masih mengandung kelemahan, terutama data yang tersimpan dalam PDT masih harus di-upload ke PC milik mitra outsourching PLN. Proses upload ini masih menggunakan manual dengan cara membawa PDT ke lokasi PC milik mitra outsourching PLN. Dari segi reability masih memerlukan waktu untuk memproses data sebelum disampaikan ke PLN.
Sehubungan dengan masih terdapat kelemahan dalam system Cater PLN selama ini, maka Tim R&D dari PT. EXO POINT, sebagai Provider Catat Meter Inovatif mencoba mengembangkan suatu system dan teknologi Cater PLN yang di memiliki dengan tingkat realibiltas dan validitas sangat tinggi, yaitu menggunakan perangkat yang relatif murah dan mudah dioperasikan, yaitu Mesin Catat Meter G4 (MCM G4) berbasis Android dengan Printer Plug & Play. Penggunaan MCM G4 sebagai Cater PLN memberikan kehandalan karena :Mesin Catat Meter EXOPOINT
(1)   Dapat dilakukan secara online dan realtime baik dengan Jaringan GPRS, 3G, wifi atau SMS, karena Mesin MCM G4 akan mengirimkan data-data ke 2 server yg berbeda secara bersamaan :
- Ke server Perusahaan Mitra Outsourching Petugas Catat Meter
Mesin MCM G4 akan mengirim Data Berupa Picture Posisi Meter, ID Pelanggan, Latitude Geo Tag, Tanggal dan Waktu, ID User, PIN,  secara otomatis langsung terkirim ke server  perusahaan mitra outsourching Petugas Catat Meter PLN, bahkan sangat dimungkinkan dapat langsung tersimpan ke server PLN.  Data akan diolah secara Otomatis dengan Metode DIGITAL CHARACTER RECOGNITION (DCR) pada Picture.  Apabila terjadi “suspect” ( tidak bisa terbaca karena hal tertentu atau Nilai hasil baca meter kebesaran/kekecilan dari nilai standard, dll ) maka akan dilakukan pemeriksaan semi manual oleh Officer perusahaan mitra outsourching Petugas Catat Meter  PLN untuk perbaikan dan justifikasi ( Pengambilan Data ulang atau lainnya ).
- Ke Server PPOB
Mesin MCM G4 secara bersamaan akan mengirim data ke Server PPOB untuk mengecek apakah pelanggan PLN sudah melunasi Tagihan PLN sebelumnya atau Belum, apabila sudah Lunas, Server PPOB akan mengirimkan Informasi bahwa pelanggan tersebut “Tidak Memiliki Tunggakan”, dan apabila Pelanggan Tersebut memiliki Tunggakan maka Server PPOB akan Mengirimkan data Ke Mesin MCM G4 bahwa Pelanggan tersebut “Menunggak”.  Dimungkinkan server Mengeluarkan “surat Pemutusan” apabila Pelanggan tidak Membayar pada saat itu juga.
Note : ( Untuk Didaerah Tertentu sinyal GPRS dan 3G lemah bahkan tidak ada atau sedang terjadi gangguan, MCM G4 masih dapat tetap melakukan tranmisi data dengan cara SMS untuk Ke server PPOB, sehingga dapat terdeteksi pelanggan tersebut menunggak atau tidak. untuk Pengiriman Data ke server Perusahaan Mitra Outsourching PLN akan dilakukan secara semi manual )
(2)   Mememiliki tingkat validitas yang tinggi karena dalam proses input data stand meter dilakukan dengan 2 (dua) tahap :
(a)   Petugas Cater harus memasukkan Username dan Password untuk mengaktivasi aplikasi Cater EXOPOINT via Mesin MCM G4.
(b)   Setelah aktivasi sukses Petugas Cater harus melakukan “download” atas RBM (Rute Baca Meter) untuk memulai kegiatan pencatatan KwH Meter.
(3)  Input ID Pelanggan  dapat dilakukan dengan 3 (tiga) cara :
(a) Dengan cara “Take Picture” (memfoto) barcode yang tertempel d KwH Meter Pelanggan, dan/atau.
(b) Dengan cara mengetik ID PELANGGAN.
(c) Dengan Barcode Reader .
Melalui tahapan ini, maka tidak ada celah lagi bagi para petugas Cater PLN untuk memasukkan posisi meter tanpa terlebih dahulu melakukan proses aktivasi system di Mesin MCM G4 serta “take picture”, apalagi tanpa mengunjungi alamat pelanggan.
(4)  Selain sebagai media Cater PLN, perangkat MCM G4 yang ada dapat dijadikan media transaksi pembayaran secara online dikarenakan Mesin MCM G4 EXOPOINT telah dilengkapi Printer Pintar yang dapat di lepas dan dipasang kapapun ( Plug & Play ) sehingga dalam posisi dan Kecanggihan MCM G4 ini petugas Cater PLN dapat berfungsi pula sebagai petugas penagih resmi rekening listrik, tanpa harus melakukan investasi perangkat tambahan (aplikasi system disiapkan oleh EXOPOINT.
Dalam hal ini memberi peluang bagi petugas Cater PLN dan Perusahaan Petugas Catat Meter akan memperoleh pendapatan tambahan dari fee penagihan rekening listrik dan/atau penjualan pulsa/token PLN Pra-Bayar. Dari 30 hari kerja, 20 hari untuk menagih rekening listrik secara door to door, sedangkan 7 hari selebihnya untuk melakukan kegiatan Cater.
MEKANISME SISTEM OPERASI Cater EXOPOINT
(1)   Petugas Cater melakukan aktivasi system di MCM G4 dengan cara memasukkan Username dan Password Petugas.
(2)   Setelah menu Catat Meter EXOPOINT muncul di layar MCM G4, Petugas Cater dapat melakukan tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan petunjuk yang ada di menu Catat Meter EXOPOINT.
(3)   Semua data pelanggan yang di-input dapat langsung secara online ke server Perusahaan Outsourcing melalui server Provider EXOPOINT secara host-to-host.
(4)   Rekapitulasi data yang telah di-input dan terkirim ke Server Perusahaan Outsourcing perlu dievaluasi dan divalidasi oleh Supervisor sebelum disampaikan ke PLN.
(5)   Apabila terdapat data hasil validasi yang meragukan, Supervisor dapat menugaskan kembali Petugas Cater untuk melakukan updating data lapangan.
(6)   Apabila validasi dianggap final tanpa ada data yang diragukan lagi, Perusahaan Outsourching sudah dapat meng-upload data hasil Cater ke pihak PLN.
MANFAAT PENGGUNAAN Catat Meter EXOPOINT
(1)   Bagi PLN : akan memperoleh data pemakaian listrik yang terjamin realibilitas dan validitasnya dengan biaya yang relatif murah tetapi didukung teknologi informasi yang canggih (untuk masa kini).
(2)   Bagi Mitra Outsourching Cater : dapat menekan investasi pengadaan alat Cater, karena adanya sharing investasi dengan Provider EXOPOINT.  Mudah mengawasi Pergerakan Petugas, Karena Mesin MCM G4 telah dilengkapi Tracking Online.
(3)   Bagi Provider EXOPOINT : dapat bermitra secara luas dengan Mitra Outsourching PLN di seluruh wilayah Indonesia dengan tingkat kehandalan yang sama.
(4)   Bagi Petugas Cater : dengan perangkat MCM G4 yang ada, selain mendapat honorarium sebagai Petugas Cater, para Petugas Cater dapat memperoleh tambahan pendapatan berupa fee dari hasil penagihan listrik secara resmi “door to door”, karena perangkat HP yang ada dapat digunakan sebagai sarana transaksi PPOB-PLN secara door to door (PPOB-Mobile)
(5)   Secara nasional, penggunaan system ini akan memberikan dampak ekonomi yang luas bagi para Petugas Cater dan keluarganya, karena selain akan memberi kenyamanan bekerja, juga akan meningkatkan pendapatan yang relatif tetap dan berkesinambungan dalam jumlah yang memadai bagi ribuan Petugas Cater di seluruh Indonesia.

CATAT METER EXOPOINT
021 2883 0699

Incoming search terms:

  • no pelanggan barcode yg tertempel di kwh meter
  • petugas cater nagih tunggakan
Category: Catat Meter

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*